Technological, Pedagogical and Content Knowledge untuk Guru Matematika di Era Digital: Literature Review

Authors

  • Rasilah STKIP NU Indramayu
  • Jarnawi Afgani Dahlan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sudirman Sudirman Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i1.165

Keywords:

TPACK, Pembelajaran Matematika, Guru Matematika

Abstract

Artikel ini membahas mengenai peranan kerangka Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran untuk guru matematika Era digital. Artikel ini merupakan hasil kajian literature dengan sumber kajian berupa artikel baik jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal international yang terakreditasi. Tujuan penulisan artikel ini untuk pengembangan guru matematika yang mengindikasikan perlu adanya profesionalitas guru matematika, terutama pada kompetensi pedagogik dan profesional. Salah satu kerangka yang dapat digunakan untuk memfasilitasi pengembangan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional adalah Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Dengan TPACK, guru matematika diharapkan dapat mengembangkan kemapuan pedagogic, kempuan pembuatan konten yang diintegrasikan dengan teknologi dalam pembelajaran pada materi matematika sehingga mampu membentuk karakter dan kepribadian siswa yang teritegrasi dengan teknologi saat disekolah. Kerangka kerja teknologi, pedagogis, dan pengetahuan konten (TPACK) memberikan pemahaman tentang pengetahuan guru di tiga bidang dan bagaimana hal itu digunakan untuk mengajar secara efektif dengan teknologi maka perlu dilakukan  penelitian-penelitian tentang TPACK

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-04

How to Cite

Rasilah, R., Afgani Dahlan, J., & Sudirman, S. (2021). Technological, Pedagogical and Content Knowledge untuk Guru Matematika di Era Digital: Literature Review. Gema Wiralodra, 12(1), 84–94. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i1.165

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>