PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STRATEGI PEMBELAJARAN ‘BLACK TEA’ DALAM MEMINIMALISIR LEARNING OBSTACLE SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.125Keywords:
Learning Obstacle, Pembelajaran Matematika, Strategi Pembelajaran ‘Black Tea’Abstract
Pembelajaran matematika dalam implementasinya mengalami masalah dalam hal learning obstacle yang dialami siswa cenderung lebih tinggi. Berkaitan dengan hal tersebut, ada salah satu strategi pembelajaran yang diharapkan mampu mengurangi learning obstacle yang dialami siswa, yaitu strategi pembelajaran ‘Black Tea’. Strategi ini didasarkan pada filosofi interpretive and critical pedagogy. Adapun beberapa langkah pembelajaran dalam strategi pembelajaran tersebut adalah: (1) guru melakukan analisis pendahuluan mengenai learning obstacle apa saja yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika; (2) guru sengaja melakukan kesalahan pada saat proses pembelajaran; (3) guru memastikan siswa menyadari bahwa guru melakukan kesalahan; (4) guru meminta siswa untuk mengkonfirmasi perbaikan yang diberikan; dan (5) guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan perbaikan atas kesalahan yang dilakukan guru.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.