PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STRATEGI PEMBELAJARAN ‘BLACK TEA’ DALAM MEMINIMALISIR LEARNING OBSTACLE SISWA

Authors

  • Muhamad Galang Isnawan
  • Sudirman Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.125

Keywords:

Learning Obstacle, Pembelajaran Matematika, Strategi Pembelajaran ‘Black Tea’

Abstract

Pembelajaran matematika dalam implementasinya mengalami masalah dalam hal learning obstacle yang dialami siswa cenderung lebih tinggi. Berkaitan dengan hal tersebut, ada salah satu strategi pembelajaran yang diharapkan mampu mengurangi learning obstacle yang dialami siswa, yaitu strategi pembelajaran ‘Black Tea’. Strategi ini didasarkan pada filosofi interpretive and critical pedagogy. Adapun beberapa langkah pembelajaran dalam strategi pembelajaran tersebut adalah: (1) guru melakukan analisis pendahuluan mengenai learning obstacle apa saja yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika; (2) guru sengaja melakukan kesalahan pada saat proses pembelajaran; (3) guru memastikan siswa menyadari bahwa guru melakukan kesalahan; (4) guru meminta siswa untuk mengkonfirmasi perbaikan yang diberikan; dan (5) guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan perbaikan atas kesalahan yang dilakukan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Galang Isnawan, M. ., & Sudirman, S. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STRATEGI PEMBELAJARAN ‘BLACK TEA’ DALAM MEMINIMALISIR LEARNING OBSTACLE SISWA . Gema Wiralodra, 11(2), 274–291. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.125

Most read articles by the same author(s)